Mesin Cuci Berbunyi Berisik Gara-gara Apa?

Mesin cuci oh mesin cuci. Terbayang jika mesin ini ngadat bakal makin heboh pekerjaan di rumah. Karena itu, sedikit saja ada suara aneh yang muncul dari si mesin cuci maka saya langsung menghubungin call center.

Berhubung mesin cuci saya mereknya LG, langsunglah saya memencet 14010 dari ponsel jadul saya.

Cc: “selamat siang, dengan …. (Nama selalu nggak kedengeran dengan jelas)” dan langsung saya potong mengadu masalah yang mendera mesin cuci kesayangan.

“Mesin cuci saya kok bunyinya kayak kaleng kretek..kretek..,” kata saya

Kemudian si petugas langsung jawab kemungkinan itu karena letak baju yang nggak seimbang sehingga tabung terkena dinding. Saya disuruh pause mesin cuci dan menata ulang si kain.

Berhubung saya menelepon setelah mesin cuci mati ya susah. Saya sudahi telepon dengan mengatakan nanti saya coba dan tak lupa mengucapkan terima kasih, hehe..

Selang dua hari karena saya pakai mesin cuci dua hari sekali, kejadian lagi itu, bunyi kedengeran lagi. Saya coba sesuai instruksi cc yakni mem-pause dan menata ulang. Tapi kok suara masih muncul.

Langsung saya telepon lagi dan petugasnya menanyakan nomor seri mesinnya kalau nggak salah. Katanya petugas akan datang ke rumah. Alhamdulillah…

Ternyata responsnya cepat. Pagi telepon, siang sudah sampai di rumah.

Itu mesin dicoba petugasnya nggak kedengeran bunyinya. Tapi, si petugas membongkar tabung untuk melihat penyebabnya.

Petugas saya tinggal dan beberapa saat dia menemukan ada kancing celana jins nyangkut di bawah. Ooo

Selain itu, dia mengatakan mesin cuci saya banyak lendirnya. “Ibu pakai sabun apa?”tanya dia.

“Saya pakai sabun detergen biasa, bukan yang matic khusus mesin cuci,”jawab saya.

Dia melanjutkan, “kalau bukan yang matic bisa berlendir karena detergen bisa menggumpal dan tidak langsung larut seperti yang matic,”kata si petugas.

“Terus bagaimana cara membersihkannya?”tanyaku. Kata si petugas tinggal masak air sampai mendidih beberapa panci kemudian dimasukkan ke mesin cuci, dan nyalakan mesin untuk membilas.

Apa tabungnya nggak rusak kena air mendidih? Kata si petugas tidak masalah, air mendidih itu agar kotoran yang sudah berlendir-lendir itu rontok.

Kemudian dia melanjutkan kerjanya dengan membersihkanlah lendir-lendir di bawah tabung. Menurutnya bunyi tersebut bisa jadi karena kotor dari lendir itu.
image

Saya masih penasaran dan saya perdengarkan rekaman video suara mesin cuci yang mengganggu. Ehm..dia akhirnya mencek ke bagian mesinnya dan alhamdulillah kondisi bagus.

Kalau sudah dibilang tak ada yang masalah, saya merasa tenang. Nyuci pun bisa berlanjut..

NB: selang sebulan bunyi muncul lagi dan penyebabnya bantalan antara tabung dan dinding mesin cuci copot. Petugas membetulkannya dengan melem kembali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: