Masih BAB Sembarangan? Coba ‘Tinju Tinja’

Lihat orang buang air kecil sembarangan masih sering terjadi di ibukota yang besar ini. Tapi, kalau orang BAB sembarangan saya belum pernah lihat. Meski begitu ternyata banyak juga lho. Indonesia saja berada di posisi kedua di dunia soal BAB sembarangan. Karena itu perlu ada di-Tinju Tinja.

Jangan terjebak sama namanya dulu. Pas saya baca juga bayangannya kok agak-agak gimana gitu. Ternyata itu merupakan gerakan kampanye yang digagas UNICEF Indonesia dalam rangka World Toilet Day yang diperingati setiap 19 November.

Sebenarnya apa sih yang bikin orang BAB sembarangan? Kalau menurut saya sebagai orang awam pasti karena minimnya sarana yang mendukung. Dan yang nggak kalah penting itu kesadaran masyarakat.

Yang perlu diingat, BAB sembarangan itu nggak cuma mencemari lingkungan, tapi juga berbahaya buat kesehatan bisa mematikan bagi anak-anak.

Moga-moga orang semakin sadar nggak ada gunanya BAB sembarangan. Jangan beralasan karena kotorannya bisa jadi pupuk tanaman atau karena tak punya toilet. Memang bikin toilet itu mahal ya?

Toilet bisa aja dibangun sederhana. Yang penting kan ada lubang dan saluran ke septictank yang tertutup. Terus jangan lupa air buat membasuh dan biasakan mencuci tangan dengan sabun.

  1 comment for “Masih BAB Sembarangan? Coba ‘Tinju Tinja’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: