Hak Wanita Melahirkan yang Harus Diterima di RS

Meski sudah dua kali melahirkan, saya masih saja telat info. Entah kurang mencari-cari atau terlalu percaya sama rumah sakit.

Sewaktu melahirkan anak kedua, beberapa hak yang seharusnya saya terima dari rumah sakit (RS), nggak saya rasakan. Malah, saya hanya memeluk buah hati saya mungkin cuma 10 menit. Setelah itu sampai keesokan harinya baru ketemu lagi.

Sadar dr operasi caesar itu sekitat jam 15.00, sebentar menggendong bayi trs ketemu bayi lagi besoknya pukul 10.00 WIB. Alasannya si bayi harus dihangatkan dulu. Sedihnya…

Kalau berdasarkan Talk Show AIMI pada Acara AIMI-Andalan Breastfeeding Fair 2014 ‘Revolusi Menyusui’ beberapa minggu lalu inilah beberapa hak yang harus diterima perempuan yang melahirkan:

1. IMD minimal 1 jam

Mia mengatakan, IMD itu memiliki waktu yang minimal, tidak hanya melekat sebentar saja. “Yang benar IMD di atas satu jam. Minimal satu jam jadi tidak ada itu IMD setengah-setengah,” kata Mia.

Menurutnya, di dalam aturan sudah jelas bahwa IMD merupakan pelayanan neonatal yang esensial, yang artinya penting dan harus dilakukan.

2. IMD bisa dilakukan pada persalinan caesar

“IMD itu juga bisa dilakukan pada operasi caesar karena peraturan tak membedakan jenis persalinan asal ibu dan bayi stabil dan tidak perlu tindakan medis,” kata Mia.

3. Rawat gabung 24 jam

“Setelah IMD jangan lupa rawat gabung. Menurut peraturan dalam 24 jam bayi selalu dalam jangkauan ibu. Kalau pagi di samping ibu, malam di kamar bayi itu bukan rawat gabung. Itu wajib, wajib bagi tenaga kesehatan untuk mendukung melakukannya,” kata Mia.

4. Bayi dihangatkan dekat ibu

Terkadang usai kelahiran bayi dipisah dari ibunya dengan alasan untuk menghangatkan sang bayi. Padahal dari sentuhan kulit ke kulit bayi bisa mendapatkan kehangatan.

“Jadi kalau bayi dipisah dari ibu dengan alasan ‘Kita hangatkan dulu bayinya bu di kamar bayi’. Jawabnya No,” tegas Mia.

Menurutnya yang benar itu adalah kehangatan itu bisa diperoleh dengan rawat gabung. Skin to skin ada termor regulator yakni kulit ibu bersifat menghangatkan,” katanya lagi

5. Ibu bayi tak boleh pisah dalam 6 jam pertama

“Pada saat bayi 0 sampai 6 jam, pelayanan neonatal esensial dilakukan dalam ruangan yang sama dengana ibunya. Sekalian rawat gabung. Jadi selama enam jam harus rawat gabung. Nggak boleh berpisah sedetik pun,” kata Mia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: