Mata Gatal Jangan Dikucek, Kompres Saja

Alhamdulillah. Mata yang bejendul itu bukan seperti yang saya khawatirkan, tapi akibat kucek mata yang berujung bintitan yang nggak ketahuan. Kalau udah tahu penyebabnya dah lega.

Jadi si bintitan itu tumbuh di dalam kelopak mata kiri atas dan nggak kerasa pas tumbuhnya. Selama ini mata cuma pedih dan suka gatel aja tanpa menunjukkan benjol seperti bintitan pada umumnya. Padahal saya jarang ngucek-ngucek, paling megang pojok mata karena pegal liat monitor. Karena bintitan didiamkan saja akibat nggak tahu, jadilah si nanah mengeras. Lantas caranya bagaimana?

Menurut dr Bondan Harmani SpM dari Klinik Mata Nusantara, selama seminggu saya harus mengompres mata tersebut dengan handuk bersih yang dibasahi air hangat. Jika sudah dingin, basahi lagi handuk tersebut dengan air hangat. “Kompres sekitar 5 sampai 10 menit. Lakukan dua kali sehari. Atau tiga kali.”

Kalau nggak salah alasannya agar nanah yang mengeras di pembuluh darah bisa terserap tubuh.

Selain di kompres, dr Bondan juga kasih resep obat Cendo Xitrol untuk 5 hari atau seminggu.

“Obat ini untuk pemakaian jangka waktu tertentu. Nggak boleh terus-terusan. Itu (pemakaian jangka panjang) yang salah karena bisa sebabkan katarak dan glaukoma,” ujarnya.

Dr Bondan menjelaskan, bunderan merah di obat itu menandakan bahwa itu obat keras sehingga hanya dipakai dengan resep dokter, tidak sembarangan. Sayangnya, karena orang senang dengan hasilnya, jad suka memakainya meski tanpa resep. Ini berbahaya.

Beda lagi kalau bunderannya hijau, yang menandakan bukan obat keras serta bisa dipakai tanpa resep.

image

Bapak dokter itu juga mengatakan, bintitan itu muncul akibat mata gatal yang digaruk-garuk atau dikucek dan menjadi infeksi. Soalnya, di mata itu banyak kelenjar yang bisa tersumbat kalau tertutup kotoran.

“Kalau mata gatal jangan dikucek-kucek. Lebih baik ambil handuk bersih atau washlap yang dibasahi air hangat dan kompres selama 5 menit,” katanya.

Suster menambahkan, biar mata nggak basah ada cara lain untuk mengompres mata yakni isi air hangat ke dalam botol kaca dan tempelkan ke bagian yang benjol. Apabila air botol sudah
dingin, buang sedikit air yang di dalam dan tambahkan air panas.

“Sebelum ditempelkan cek airnya, kalau di tangan hangatnya masih diterima bisa digunakan. Airnya hangat-hangat kuku. Jangan kepanasan,” kata mbak suster yang nggak liat name tagnya.

Dr Bondan menjelaskan, jika benjolan tak mengempis maka harus diambil dengan operasi kecil.

Kalau mata kering gimana dok? Kata dokter boleh pakai Cendo Lyteers untuk melembabkan mata.

Semoga mata ini mau bekerjasama dengan tubuh ini. Dan nanah yang mengeras bisa mencair dan tak ada lagi di mata.

  3 comments for “Mata Gatal Jangan Dikucek, Kompres Saja

  1. Februari 28, 2015 at 2:48 pm

    Aamiin..
    Semoga lekas sembuh yaaa…

  2. Februari 28, 2015 at 4:22 pm

    Cepat sembuh…
    Ilmu baru buat saya supaya tidak sembarangan mengucek mata. Terima kasih sudah berbagi :)).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: