Tips buat Bapak or Ibu yang Mau Stop Merokok

Sumber foto: WebMD
Sumber foto: WebMD

Berhenti merokok sudah jelas bukan hal yang mudah buat orang-orang yang sudah ketagihan alias kecanduan nikotin. Yang ada, saat kita menyuruh berhenti merokok ada saja jawabannya. Berhenti merokok itu memang harus dari kesadaran masing-masing, kalau belum, percuma. Yang perlu diingat, berhenti lebih baik dibanding melanjutkan. Ingatlah keluarga, anak atau istri.

Dulu, alm papa saya seorang perokok. Saya ingat betul, setiap hari setidaknya satu rokok diisapnya. Mungkin itu yang kelihatan saya dan kakak saya. Entah kalau di luar penglihatan saja.

Karena sering melihat papa, saya jadi penasaran seperti apa rasaya. Saya sampai meminta mencicipi seperti apa rokok. Beberapa kali papa melarang hingga akhirnya memberikan satu kesempatan menghisap rokok yang menyala. Saat itulah saya kapok, nggak ada enaknya, hehe..

Setelah saya bertambah besar, papa tau-tau nggak ngerokok lagi. Kata mama sih udah stop merokok. Saya tak tahu alasannya, bisa jadi karena anak-anaknya. Orangtua mana yang mau cepat meninggalkan anak-anaknya atau meninggal cepat. Dan rokok itu bisa memicu berbagai penyakit yang mengerikan. Biasanya kalau gini banyak yang jawab, umur Tuhan yang menentukan, bukan rokok 😀

Kalau saya pribadi, berhenti atau tidak terserah yang menjalankan. Tapi, kalau mau niat berhenti demi kesehatan dan keluarga, bisa jalanin beberapa tips seperti yanv diberikan WebMd:

1. Minum air dingin pakai sedotan dan menyemil

Minum air dingin pakai sedotan bisa membantu mengganti tindakan mengisap sebatang rokok. Hal ini juga melepaskan dopamine, zat kimia otak yang membuat perasaan menjadi lebih baik sehingga bisa membantu meringankan suasana hati yang buruk. Ini kata penelitian.

Makan makanan kecil atau dikenal dengan mengemil juga bisa membantu Anda melewati dorongan kuat untuk merokok. Pilihlah makanan sehat untuk menghindari kenaikan berat badan.

2. Catat manfaat cepat yang Anda dapat

Anda tidak perlu menunggu lama untuk mulai menikmati manfaat hidup bebas dari asap rokok. Tulislah dalam daftar tentang hal-hal yang baik ketika Anda mulai melihat manfaatnya.

Itu bisa saja perasaan menahan hasrat merokok, menghemat uang, aroma lebih enak, mencicipi makanan dengan lebih jelas, dan merasa lebih energik.

Ketika Anda begitu ingin merokok dan tak bisa dibendung, coba lihat daftar yang Anda tulis sebagai pengingat apa yang telah Anda peroleh setelah berhenti merokok.

3. Sering sikat gigi

Salah satu hasil cepat berhenti merokok adalah mulut Anda terasa lebih enak dan bau napas Anda lebih baik. Seringlah bersikat gigi. Dengan begitu, Anda akan lebih cenderung mengurangi rokok dan mengusir bau napas yang nggak enak sehingga mulut segar.

4. Hindari Alkohol

Minuman alkohol adalah salah satu hal yang paling umum yang membuat orang kembali ke merokok. Alkohol merusak pertahaanan diri dan dapat mengikis komitmen Anda untuk berhenti merokok. Banyak orang juga mengasosiasikan minuman beralkohol dengan merokok, sehingga dapat memicu Anda untuk kumat merokok lagi.

5. Cari Zona No-Smoking untuk diri Anda

Ketika dorongan untuk merokok datang lagi, pergilah ke suatu tempat di mana Anda tidak bisa menyalakan rokok. Misalnya saja bioskop, perpustakaan, atau toko.

6. Ingat alasan stop merokok

Tuliskan daftar semua alasan Anda untuk berhenti merokok. Kemudian buat salinan dan letakkan atau tempelkan di tempat-tempat Anda sering menghabiskan waktu. Contohnya di dapur, di kantor, di samping cermin kamar mandi.

Letakkan catatan itu di tempat yang mudah dilihat, sehingga akan mengingatkan kemanapun Anda pergi. Beberapa mantan perokok mengatakan mereka menempelkan foto keluarga dan orang yang dicintai bersama dengan catatan alasan mereka.

7. Aktif Setiap Hari

Ketika tubuh Anda aktif, ia akan mengirimkan bahan kimia alami yang membantu suasana hati Anda dan mengurangi stres. Berjalan menjadi salah satu latihan yang paling mudah bagi kebanyakan orang.

Memilih kegiatan yang berbeda dapat membantu Anda tetap termotivasi. Sisihkan waktu untuk aktif secara fisik setiap hari, terutama pada bulan pertama setelah Anda berhenti merokok.

8. Isi Kalender Anda

Selama beberapa minggu pertama setelah Anda menghentikan kebiasaan merokok, tulislah di hari-hari Anda dengan hal-hal yang Anda inginkan atau perlu dilakukan. Membuat rencana makan dengan keluarga atau teman-teman, dan mencoba untuk menghindari godaan merokok. Semakin sibuk Anda, semakin Anda menghindari dorongan untuk merokok.

9. Isi mulut

Cara agar berhenti merokok adalah masukkan sesuatu ke mulut Anda. Anda bisa saja makan permen karet bebas gula, permen keras, atau snack sehat ketika Anda merasa ingin merokok. Pastikan Anda memiliki sesuatu untuk dikunyahnsetiap saat. Jika Anda khawatir tentang berat badan, tetap dengan pilihan yang rendah kalori.

10. Teman pendukung

Mintalah seseorang untuk berada dekat Anda ketika Anda membutuhkan dukungan. Pilihan terbaik adalah teman yang juga mantan perokok. Tapi siapa pun yang peduli dengan Anda dan ingin Anda berhenti merokok bisa membantu di saat-saat yang sulit.

11. Batasi Kafein

Kafein membantu beberapa orang melek di pagi hari dan tetap waspada ketika mereka lelah. Tapi itu membuat orang merasa tegang, gelisah, dan stres. Stop merokok bisa meningkatkan efek tersebut. Jika kafein membuat Anda gelisah atau cemas, kurangilah.

12. Hindari suasana hati yang buruk

Emosi negatif seperti stres, kemarahan, frustrasi menjadi alasan umum orang kembali merokok. Suasana hati yang buruk terjadi pada setiap orang, dan kemungkinan Anda akan merasakannya lebih dibanding orang lain selama beberapa minggu pertama berhenti merokok. Temukan cara untuk mengalihkan perhatian Anda. Berkumpul dengan teman-teman atau melakukan sesuatu yang lain yang benar-benar Anda sukai.

13. Hindari pengacau

Meskipun teman-teman dan keluarga harus mendukung, mereka tidak selalu melakukannya. Beberapa orang mungkin merasa terancam dengan keputusan Anda dengan berhenti merokok. Mereka bahkan mencoba merusak upaya terbaik Anda.

Jika Anda merasa bahwa ada orang-orang seperti ini di dalam hidup Anda, menghindari mereka. Jika itu tidak mungkin, duduk bersama mereka dan memberitahu mereka mengapa berhenti merokok sangat penting bagi Anda. Mintalah dukungan mereka.

14. Sabar dan tetap di jalur

Setelah Anda melalui 2 minggu pertama, Anda berada pada jalan untuk bebas dari kecanduan nikotin seumur hidup. Tapi bersiaplah jika Anda terputus-putus. Ingat, sekali kecolongan bukan berarti Anda telah gagal. Hanya mempertimbangkan apa yang salah. Kemudian memikirkan cara-cara untuk mencegah masalah yang sama terjadi lagi.

Semoga berhasil ya buat yang semangat stop merokok. Semangat…. 🙂

  3 comments for “Tips buat Bapak or Ibu yang Mau Stop Merokok

  1. Maret 15, 2015 at 6:49 am

    Berusaha berhenti merokok itu berat juga ya, Mbak. Butuh tekad dan kegigihan yang kuat, tapi kalau sudah kemauannya bulat, pasti bisa.
    Terima kasih infonya!

    • Maret 15, 2015 at 9:17 am

      Iya, di mana ada kemauan di situ pasti ada jalan. Sama2 Gara 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: