Susah Lepas dari Cotton Bud

Sumber foto: Dailymail.co.uk
Sumber foto: Dailymail.co.uk

Sudah banyak artikel yang menuliskan bahaya cotton bud aka korek kuping. Tapi, kenapa saya masih juga nggak bisa lepas dari cotton bud ya. Apa ini kecanduan cotton bud? Hehe…

Kalau memasukkan cotton bud ke daun telinga itu rasanya kayak nggak mau berhenti, hiks… Dulu sih saya sering banget, hampir tiap hari. Sekarang? Nah ini, saya berusaha mengurangi. Syukur-syukur bisa stop dan beralih dengan cara lain saat membersihkan telinga.

Kenapa nggak boleh? Soale memasukkan cotton bud ke kuping bisa mendorong kotoran masuk kembali dan bisa menyebabkan penyumbatan. Bahayanya lagi, pakai cotton bud bisa merusak gendang telinga. Waduh!!

Kalau saran dokter di Rumah Sakit Puri Indah dan RSPI, Dr Agus Subagio, SpTHT., sebaiknya nggak pakai cotton bud buat membersihkan kotoran telinga. Menurutnya sih kotoran itu nantinya juga keluar sendiri saat mengunyah atau berbicara.

Misalnya risih dengan kotoran telinga, bisa membersihkannya dengan cara-cara ini:

1. Bersihkan liang telinga hingga mulut telinga

“Yang aman, bersihkan liang telinga. Cukup di bagian luar sampai mulut, cukup di situ.”

2. Tidak pakai cotton buds

“Tidak disarankan menggunakan cotton buds,” kata Dr Agus.

3. Kapas dan tisu

“Gunakan kapas dan tisu di bagian luar telinga.”

4. Tidak disodok

Menurut dr Agus, membersihkan telinga tak boleh disodok. Jika disodok maka kotoran sebagian terambil dan sebagian besar terdorong sehingga sulit keluar serta memadat.

“Juga kemungkinan terjadi trauma kecil dan besar. Liang telinga lecet saja bisa nyeri sekali karena liang telinga tidak ada jaringan lemak di bawahnya,” ujarnya.

Kotoran yang memadat bisa mengikis lapisan kulit liang telinga, bahkan tulang telinga.

5. Tidak masukkan apapun ke telinga

“Yang paling baik tidak melakukan apa-apa, tidak memasukkan apapun selama telinga sehat karena semakin banyak manuver di telinga berpotensi membahayakan,” ujarnya.

Mau pilih mana, kupingnya sehat atau menyenangkan diri dengan memakai cotton bud? Jawabannya yang pertama dunk, cuma bagaimana lepas dari cotton budnya itu lho, Hehe….

  6 comments for “Susah Lepas dari Cotton Bud

  1. April 22, 2015 at 2:54 pm

    saya juga sering banget pake cotton bud kalo mau bersihin telinga, trus kalo gak pake cotton bud mereka yg bikin cotton bud fungsinya buat apa dong? 😀

    • April 22, 2015 at 3:04 pm

      Setuju, buat apa ada cotton bud, hehehe

  2. April 22, 2015 at 8:47 pm

    Sebelumnya saya sudah pernah dengar soal peringatan ini sih Mbak, tapi masih agak bingung juga, terus kalau tidak pakai cotton bud, membersihkan kotoran yang ada di dalam telinganya itu dengan apa dong ya? :hehe.

    • April 23, 2015 at 7:14 am

      Kata dokternya sih nt keluar sendiri. Pas keluar itu ya bersihin pake kapas, hanya sampai daun telinga. Klo cotton bud kan biasanya smp lubangnya sedikit, nah itu rawan kotorannya ke dorong. Saya juga bingung gar, masih susah klo disuruh lepas dari cotton bud, hehe

      • April 23, 2015 at 6:12 pm

        Ooh… keluar sendiri… kalau dipikir-pikir memang pernah sih kejadian di sana kotoran telinga keluar sendiri :hehe.
        Susah sih Mbak, tapi demi kesehatan menurut saya baik dilakukan saja :)).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: