Korek Kuping Bikin Kecanduan?

Sumber foto: Telegraph.co.uk
Sumber foto: Telegraph.co.uk

Tulisan saya sebelumnya menceritakan saya yang susah lepas dari cotton bud. Saya sampai bingung apa memakai cotton bud bisa buat kecanduan. Dan sebuah artikel menjawab kebingungan saya.

Memang, baru satu artikel yang saya temukan bahwa kebiasaan memakai cotton bud atau mengorek kuping pakai alat lainnyabisa membuat kecanduan. Jadi nggak cuma rokok atau minuman yang bisa bikin kecanduan.

Apa alasannya? Ketika menusuk telinga dengan cotton bud atau alat lainnya akan menyentuh ujung saraf yang mengubahnya menjadi sensitif. Alhasil, itu memaksa seseorang mengulangi tindakannya.

Ini berdasarkan pengamatan dokter yang saya kutip dari ToI. Dan para ahli memasukkannya sebagai kecanduan, yang membuat orang merasa keenakan dan bergairah.

“Ada saraf yang bernama vagus (yang berhubungan dengan otak) yang akhirnya menjadi sensitif setiap kali disentuh. Sensasinya meskipun terasa baik, akan menjadi kecanduan dari waktu ke waktu. Kami sering menerima kasus seperti ini,” kata Dr AK Gupta yang seorang profesor di departemen THT, PGI di India.

Memang kelemahannya masalah ini belum ada penelitian ilmiahnya. Tapi sejumlah kasus menunjukkan kebiasaan mengorek kuping tersebut berujung masalah.

Biar aman dan sehat, pokoke ikut rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) saja deh:

* Benda asing tidak boleh dimasukkan ke dalam liang telinga. Ini bisa menyebabkan kesulitan mendengar dan ketidaknyamanan

* Telinga adalah organ yang bisa membersihkan dirinya sendiri dan tidak memerlukan pembersih aktif. Hindari menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga

* Jangan memasukkan atau menempatkan sesuatu di dalam telinga. Jangan menggunakan minyak, tongkat, pin dll karena ini dapat menyebabkan infeksi pada telinga.

Ini bener apa nggak ya? Siapa tahu udah ada yang tahu kebenarannya. Maklum saya bukan lulusan kedokteran, hehe..

Kalau saya pribadi sih kalau mengorek kuping jadi ingin melakukannya lagi dan lagi. Padahal baru saja dibersihin tetap saja saya pakai cotton bud lagi. Solusinya cuma satu ini, jangan lihat cotton bud atau nggak usah beli, hehe..

Kalau tahu itu bahaya kenapa nggak dibuat yang nggak berbahaya. Para dokter THT coba sama-sama menciptakan alat pembersih telinga yang bisa dibeli di toko dengan harga murah dan aman buat kesehatan 😀

  14 comments for “Korek Kuping Bikin Kecanduan?

  1. April 24, 2015 at 3:12 am

    ahahaha,,iya bener loh, kalo pas kebetulan lagi liat cotton bud bawaannya langsung pengen korek kuping deh, padahal kalo gak liat juga gak bakalan pengen korek kuping, berarti lain kali cotton bud nya saya simpen aja ah biar gak kelihatan 😀

    • April 24, 2015 at 6:21 am

      Hahahahaha… mari umpetin cottom bud 🙂

  2. April 24, 2015 at 8:24 am

    Wah, saya malah baru tau kalau ada yang kecanduan cotton bud. Suka sih pake bersihin telinga pakai cotton bud, tapi gak pernah ketagihan pengin lagi dan lagi gitu. Mungkin karena terlalu dalam bersihinnya, ya, mak ..

    • April 24, 2015 at 8:48 am

      Jangan2 ya, klo udah ngorek tuh ga nyadar jd kedalem 🙁 skr tuh cotton bud saya simpen biar ga keliatan, hihi

  3. April 24, 2015 at 11:07 am

    iya aku juga seminggu sekali, atau kalau sudah ngrasa kupingnya gak enak mesti langsung nyari cutton bud…duh ternyata gak boleh ya? 🙁

    • April 24, 2015 at 11:09 am

      Klo ak malah bs setiap hari itu klo liat cotton bud, hehehe.. kata dokter ga bagus mbk, rawan terjadi pengikisan ato apalah gtu namanya, hikss..

  4. April 28, 2015 at 7:28 am

    Kalau tahu itu bahaya kenapa nggak dibuat yang nggak berbahaya. –> kadang baru ketahuan bahayanya kan sekarang pas zaman udah makin canggih :)))) suamiku niihhh dikit-dikit korek kuping mulu. lagian banyak kasus kotoran kuping kalau dibersihin pake cotton bud malah makin masuk ke dalem kotorannya. kalau memang gatel pengen bersihin, mending pake korek yang besi/bambu yang bentuknya kaya sendok itu loh mak ujungnya. 🙂

    • April 28, 2015 at 7:39 am

      Iya mak betul-betul. Sip mak, makasih sarannya. Mending sedian pengorek kuping sendok itu ya 🙂

  5. April 28, 2015 at 9:16 am

    si mely sekrang ngeblog ya 😉

    • April 28, 2015 at 9:17 am

      Hahahaha… newbie mutz. Soale di rumah doank klo bengong nt cepet pikun 😀

  6. April 30, 2015 at 2:03 pm

    beneer mbak.. kalo liat cotton bud bawaanya pengen langsung bersihin telinga aja. tapi kalo gak bole bersihin telinga, rasanya kok agak risih ya. ada yg aneh . jadi, saya baru lega kalo korek pake cutton bud 😀

    • April 30, 2015 at 3:38 pm

      Hehehe… kayak ada magnet ya di cotton budnya. Boleh dibersihin tapi y luarannya aja, sblm si lorong. Cm pake kapas, hehe

      • April 30, 2015 at 4:00 pm

        gak manteb mak . kudu masuk lorong pokoknya 🙁 saya pernah nyoba pake kapas, kok berasa kurang bersih. akhire disiasatin, seminggu skali aja makenya 😀

        • April 30, 2015 at 8:11 pm

          Hahahaha.. Mmg dahsyat kekuatan cotton bud mak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: