Mati Gaya Saat Bosan

image
Bosan (Foto Ilustrasi: Telegraph.co.uk)

Bosan, waktu yang membuat mau ngapa-ngapain serba salah. Mati gaya abizzz… mau ngetik buat blog males, mau ngetik kerjaan sampingan apalagi, yang ada buka ponsel terus mantau media sosial.

Saya juga sudah bosan update status atau upload foto di media sosial. Itu tuh semenjak banyak tulisan postingan di medsos sulit dibedakan untuk pamer atau mau eksis. Adududu…

Kalau lagi bosan begini enakan ngapain yaa, nggak produktif banget. Apa bosan bagian dari kejenuhan? Udah ikut banyak kegiatan di rumah biar nggak jenuh, tapi ini kenapa yaa… apa tanda-tanda badan lelah minta piknik, hayah…

Apa sih kelelahan?

Salah satu tulisan Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB., dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, menyebutkan kelelahan terjadi karena dipaksanya fisik dan mental kita untuk bekerja secara terus-menerus tanpa istirahat yang cukup.

Ehm…kayaknya saya nggak memaksakan kerja terus menerus, cuma suka begadang aja garap kerjaan sampingan dan itu nggak tiap malam.

Menurut Dr Ari, ada beberapa hal yang bisa mencetuskan terjadinya kelelahan antara lain kerja yang terus-menerus dalam beberapa hari terakhir, disertai kurang tidur bahkan tidak tidur, waktu kerja yang terus-menerus tanpa henti untuk mencapai deadline yang telah ditentukan.

Apalagi untuk mencapai target kerja tersebut, mereka bekerja sampai larut malam sehingga kondisi ini dapat memperparah kelelahan yang terjadi. Pola makan mereka juga umumnya tidak teratur. Kondisi ini semua akan memperburuk kelelahan yang terjadi.

Kalau ada yang mengalami gangguan pencernaan juga perlu waspada. Dr Ari mengatakan gangguan pencernaan merupakan hal utama yang terjadi jika seseorang mengalami kelelahan. 

“Keluhan pencernaan yang timbul antara lain nafsu makan berkurang, di mana hal ini akan memperparah kondisi fisik yang sedang mengalami kelelahan tersebut. Seseorang yang mengalami kelelahan juga akan mengalami mual, bahkan muntah serta nyeri di ulu hati.”

Orang-orang yang kelelahan biasanya mempunya ciri-ciri seperti ini:

  1. Nggak berkonsentrasi dan kerjanya menurun
  2. Emosinya meninggi.
  3. Alami vertigo. Mereka yang kurang tidur mudah mengalami vertigo (pusing tujuh keliling) atau migren (sakit kepala hanya satu sisi). 

Yang paling menakutkan, kecelakaan lalu lintas sering terjadi pada pengendara yang sedang mengalami kelelahan.

Kelelahan fisik dan psikis juga akan memperburuk daya tahan tubuh seseorang yang mengalami kelelahan tersebut. Mereka akan mudah terkena infeksi virus, seperti virus flu, mudah terjadi infeksi usus berupa diare, mereka juga rentan terkena infeksi virus hepatitis, Deman thypoid, dan virus demam berdarah.

Ehm… Mungkin badan ini lelah meski kerjaan nggak seberapa. Atau perlu mencari kegiatan baru yang bikin bersemangat?

Tapi memang sih, saat bosan begini ada kegiatan baru yang saya coba yakni menjahit. Lumayanlah, ngejahit pakai tangan sambil ngikutin putri cantik yang lagi aktif jalan mondar mandir. Mata fokus ke jahitan tapi juga memantau putri cantik.

Terus kalau melakukan kegiatan baru juga masih bosan bagaimana? Nah itu, coba jalan-jalan kayaknya enak. Mari piknik 🙂

Posted from WordPress for Android

  4 comments for “Mati Gaya Saat Bosan

  1. Oktober 24, 2015 at 7:34 pm

    Fix mbak ._. brati aku beberapa hari ini kelelahan -_- pencernaanku bermasalah, mual, puyeng. Duh, kalau tidur jam 1 bangun jam setengah 6an, terus kuliah, pulang bisa sampe jam 9 malem -_- cara mengatasinya gimana ya mbak? selain piknik ._. aku nulis jadi kurang konsen juga nih -_-

    • mellyfeb0805
      Oktober 24, 2015 at 8:46 pm

      Ngatasinnya istirahat feb, pikirannya jg harus tenang. Yang berlalu biarlah berlalu *eh salah ya* 😀

  2. Oktober 26, 2015 at 12:01 am

    Piknik yuk

    • mellyfeb0805
      Oktober 26, 2015 at 5:36 am

      Ke ragunan yuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: