Anak Cerminkan Orangtua

image

Baca pesan ini kok rasanya menohok banget yaa.. Jadi orangtua benar-benar harus bisa jaga sikap *ya iya kali*. Ini alarm buat orangtua dan calon orangtua, termasuk saya. Sikap anak itu mencerminkan orangtuanya.

Nggak boleh terlalu keras, nggak boleh mengancam, nggak boleh terlalu menuntut, dan jangan pelit pujian pelukan atau ciuman ke anak. Sebenarnya masih banyak dan saya akan ingat-ingat 🙂

Ada beberapa point yang kena banget ke diri saya. Salah satunya anak berbohong. Itulah fase yang sedang saya alami.  Sampai bingung bagaimana cara menghadapinya.

Ya, anak sulung kami sudah berusia 6 tahun. Tingkahnya sedang macam-macam. Sesekali kakak bercerita yang nggak sesuai kenyataan, saya saja sekarang bingung ini bohong atau jujur 😀 Padahal, sebagai orangtua kita dilarang mencap anak pembohong.

Mungkin saya terlalu berat jika memberikan hukuman, huhu… Padahal hukumannya cuma dilarang nonton televisi sama dilarang main *bela diri* Waduh…

Dan satu lagi, jangan sering mengancam. Cara itu bisa membuat anak lemah. Jadi ingat sewaktu kakak sama ART yang senior. Setiap anak nggak mau bersikap sesuai keinginannya diancam “Mbak pulang ya”. Sedih banget pas lihat seperti itu, kakak jadi menangis saat itu. Saya larang, tetap saja dilakukan si mbak.

Dan nggak terasa, saat ini saya yang mengancam saat kakak bersikap jelek. Hiksss… Benar-benar harus berusaha mengubah sikap ini.

Orangtua tentu memiliki harapan terhadap anaknya. Mari orangtua teruslah belajar 🙂

Posted from WordPress for Android

  1 comment for “Anak Cerminkan Orangtua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: