Bayi Gumoh dan Kentut Besar Tanda Alergi?


Punya bayi lagi artinya belajar lagi, meski jarak antara kakaknya nggak jauh banget. Entah karena lupa atau masing-masing anak beda perkembangannya. Buktinya, waktu bayi putri cantik suka gumoh. Nah adek ganteng sekarang juga seperti itu. Mamanya tetep saja bingung apa penyebabnya πŸ˜€

Ingetnya dulu ada teman yang mengasih tahu, gumoh dan kentut (maaf) gede pada bayi baru lahir bisa mengindikasikan bayi alergi. Ini berhubungan sama bayi yang minum ASI (Air Susu Ibu). Alergi yang dimaksud nggak jauh-jauh dari makanan atau minuman yang ibunya konsumsi.

Misalnya saja, ibunya makan ayam, telor ayam, ikan laut, atau minum susu. Terus bayinya jadi gumohan deh. Setelah nyusu meski sudah didirikan masih gumoh, bahkan berkali-kali gumoh.

Memang sih, saya hanya pihak ketiga yang mendengar. Jadi istri kenalan papanya bocah (yang saya sebut teman) itu diberitahu dokternya, terus dia memberitahu saya.

Saya lupa persis omongannya karena temen saya itu memberitahunya waktu putri cantik masih bayi. Saya juga lupa alasannya. Pokoke kalau mau membuktikan, coba perhatikan jika makan makanan pemicu alergi. Apabila bayinya gumoh bisa berarti alergi. Tapi kalau nggak makan pemicu alergi masih gumoh juga, mending periksa dokter daripada meraba-raba salah πŸ˜€

Nggak cuma gumoh, kentut (maaf vulgar) yang bunyinya dahsyat juga bisa menandakan alergi. Sering kan denger suara kentut bayi kayak orang dewasa. Menggelegar dan nyaring, hehehe.. sampai-sampai orang berpikir kayaknya emaknya yang kentut.

Kata temen saya lagi, penanda alergi itu berbeda-beda dengan bertambahnya usia. Misalnya bayi dari 0-3 bulan ditandai dengan gumoh dan kentut, nanti usia bertambah beda lagi. Saya lupa juga penjelasan dia tentang pembagian usia, maklum gampang lupaan. Harusnya dulu saya catat, huhuhu…

Kalau dari Googling, memang salah satu penanda bayi alergi muntah. Menurut situs allergyuk, beberapa tanda alergi makanan yang cukup mudah diketahui segera setelah makanan dimakan, ruam-ruam dan gatal. Biasanya di sekitar mulut. Selain itu wajah bisa bengkak, hidung meler dan gatal-gatal serta muntah-muntah.

Tapi, tentang kentut saya belum ketemu. Ya sudahlah, moga-moga adik ganteng selalu sehat, aamiin..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: