MPASI saat 6 Atau 7 Bulan?

Foto: Tips-cara.info

Ini benar-benar bikin saya bingung. Baby bontot sudah saya kasih Makanan Pendamping ASI (MPASI) malah disuruh stop. Penyebabnya, MPASI itu diberikan saat bayi usia 7 bulan.


Anak sudah tiga, dua kakak baby bontot makannya juga saat usia 6 bulan. Artinya, pas tanggal usia bayi 6 bulan langsung saya kasih makan. Tapi, ibu bidan di Posyandu mengatakan apa yang saya lakukan salah. Jadi sebaiknya distop agar anak benar-benar ASI ekslusif.

Saya benar-benar kaget lho pas bu bidan bilang, makannya nanti setelah ASI 6 bulan full. Lah saya sudah memberikan ASI selama enam bulan. Tapi maksud bu bidan, ASI itu full sampai enam bulan habis, bukan enam bulan awal sudah dikasih makan. Adoh, yang benar yang mana ini? Masa tiga anak salah semua. Wakwaw…

Katanya lagi kalau belum sampai enam bulan habis sudah dikasih makan ya bukan ASI EKSKLUSIF. Padahal ya, dulu anak pertama saya pamer sertifikat lulus S1 ASI, jadi gugur donk ASIXnya kedua kakak, hiaaaa…

Mumet nggak sih, padahal saya sudah berdalih. Sebagian besar memberi MPASI saat ulang bulan yang keenam, bahkan artis saja begitu. Kayak Chelsea Olivia yang memposting foto pertama kali memberi MPASI ke Nastusha, hihi….

Dan semua ibu yang ada di samping saya, saya tanyakan dulu anaknya umur berapa dikasih makan. Jawabnya juga ragu gitu kayak lupa. Bilangnya sih 8 bulan baru dikasih makan. Masa sih?

Bu bidan memang menganjurkan saya setop memberi ASI ke baby bontot. Saya sih manggut-manggut saja, tapi nggak saya lakukan. Wong baby bontot sudah makan 10 hari lebih masa jadi puasa makan, kasihan donk.

Jadi sebenarnya yang mana ya, pusing saya. Seingat saya dulu ada artikel luar yang menuliskan asal anak sudah siap makan, nggak pas enam bulan nggak masalah. Ehm…

Saya pasrah, salah biarin saja daripada anak saya lapar menunggu 7 bulan, hihi

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: