Ketika Emak-emak ‘Gibol’ Clodi

Tumpukan Clodi

Clodi…clodi….kayaknya itu yang ada di dalam ingatanku. Clodi alias cloth diaper alias popok kain modern yang ramah lingkungan ini jadi inceranku setelah baby Nayla berusia 1 bulan.

Lima tahun lalu pas zaman kakaknya masih bayi, clodi lagi ngertren banget. Tapi kebanyakan merek AS dan teman-temannya yang import. Jadinya kebayang harganya muaaaahaaaaal… Ada sih merek China n lokal yang harganya masih bersahabat, cuma entah kenapa kurang tertarik setelah liat reviewnya. Tapi setelah dipikir-pikir perlu juga beli.

Pas Nayla ini, nggak langsung pake clodi. Awalnya pake popok trandisional yang diiket-iket gitu campur pospak atau popok sekali pakai. Tapi lama-lama kecapean nyuci popok tradisional.

Sebenarnya clodi dah ada 5 biji lungsuran dari kakaknya. Tapi, berhubung baby Nay masih kecil banget takut jadi ngengkang kalau dipakein clodi.

Emang sh udah ada clodi buat baby newborn banyak dijual toko online. Cm mikirnya sayang aja klo beli, paling kepake sebentar. Karena keteteran juga nyuci popok sama kain bedong yang sebentar-bentar ganti klo kena pee or poo, jadilah berubah pikiran.

Setelah baby Nayla udah 1 bulan nekat mulai pakein clodi. Sementara beli yang buat baby newborn yang model diaper cover. Meski dapet insertnya, saya lebih memilih memakai alas ompol sebagai insertnya. Alasannya, klo kena poo yang warnanya kuning banget masih bisa hilang. Coba kalau pake insert aslinya yang warnanya putih, adududu bisa susah hilang.

Kalau baca petunjuk di mana-mana katanya noda poo itu bisa hilang alami kalau kena sinar matahari langsung, tapi nanti dlu deh.

Lama-kelamaan jadi suka pakein clodi ke Nayla. Akhirnya jadi gila belanja online (gibol) clodi.

Sebenarnya seharinya hanya butuh tiga cover klo poo-nya ga banyak. Cuma alas ompolnya bs lebih… Karena punya alas ompol ga nyampe selusin, jadi kena poo langsung cuci. Tapi, belanja online lanjut terus.

Saya ganti clodi empat jam sekali. Pas diganti tuh alas ompol dah basah, hehe… Ini jangan ditiru… Ga tau brp jam sebenarnya alas ompol itu perlu diganti klo luarnya pake cover. Soale cover-nya ga terasa lembab dan pee ga merembes keluar.

Berhubung nyuci bekas poo lumayan suseh, mulailah melirik liner fleece setelah belanja clodi. Ya, cukup membantu klo pakein liner di atas alas ompol. Soale nyucinya lebih gampang. Liner pertama yang kubeli merek Nathabam. Berhubung 10 biji kurang, beli lagi merek GG.

Berapa Banyak Clodi

Jadi berapa clodi yang perlu dibeli? Kalau pengalaman pribadi, sehari kan 24 jam. Kalau ganti cover setelah 8 jam (dengan perhitungan dua kali ganti insert setiap empat jam dan ga kena poo), jadinya tiga cover yang dibutuhin. Tapi klo itu si cover nggak kena poo setiap gantinya. Untuk insertnya sekitar 6 buah sehari dg perhitungan empat jam bru ganti.

Perhitungan itu semua berlaku kalau Nay ga sering poo. Menjelang usia dua bulan poo nya memang ga sesering pas habis lahir. Jadi lumayan…

Nah, ga harus punya banyak kan. Tapi, untuk Nay ini total clodi yang dipunya lumayan karena mamanya kalap belanja online. Apa aja?

Lungsuran kakaknya:

1. Fuzzibunz (dlu harganya sekitar Rp 200 rb- Rp 250 rb)

2. Happy Heinys (harganya setipe Fuzzibunz)

3. Coolababy (harganya dlu seratusan ribu lebih dikit)

4. Ananndapers 2 buah

5. Ziggiezag tapi pocket diapernya aja.

Yang beli saat ini

1. Cluebebe coveria petite brownsheep Rp 75.000

2. Cluebeeb coveria petite flower Rp 75.000

3. Cluebebe pocket classic giraffe Rp 85.000

4. Cluebebe pocket large mushroom Rp 85.000

5. Cluebebe cover large motif star tanpa insert Rp 55.000

6. Bebibum cover dot tanpa insert Rp 50.000

7. Diaper cover + 2 insert NVMe red lady bug Rp 135.000

8. Pempem snap cupcake Rp 79.500

9. Sobi minky snap dalmation Rp 90.000

Jadi totals semuanya 15 buah

Asesoris:

1. Liner fleece Nathabam Rp 35.000

2. Liner fleece GG Rp 47.000

3. Laundry net Cluebebe Rp 15.000

Memang belanja clodi ini bikin kalap, emaknya ga perhitungan, hehehe