Gudang di Rumah Itu Wajib Hukumnya

Siapa yang rumahnya berantakan kayak rumah saya? Sampai bingung barang-barang ini mau ditaruh di mana ya. Renovasi sudah, dan rumah keliatan sedikit lega. Tapi…tapi…kok barang-barangnya masih numpuk. Gudangnya mana ya… Gubraaaak…

 

Inginnya sih gudangnya tertata kayak gini (Foto: Homedee)
 
Pengalaman ini membuat saya berpikir ,”Gudang itu hukumnya wajib.”

Coba ya, kamar yang diperluas buat anak kalau udah gede akhirnya ‘direlakan’ untuk menjadi gudang, sampai dibangun gudang sebenarnya.

Apa saja sih barangnya sampai bikin berantakan? Saya sendiri juga bingung, apaan yaa… hahahaha… Sebagian besar mainan anak-anak dan tas-tas kayak koper maupun tas lainnya.

Mau kasih mainan ke orang, nanti putri cantik kan bisa pakai kalau sudah gede. Jadilah disimpan dulu. Koper mau trade in tapi nanti keluarin uang lagi. Sama aja beli, huhu..

Awalnya kami memang tak merencanakan ada gudang. Alasannya nanti ruangan jadi sempit. Tapi, setelah renovasi selesai kok gudang perlu juga yaa. Kamar yang maunya jadi musola sebelum dipakai kakak atau putri cantik, eh malah jadi gudang. Ow…ow…ow..

Jadi, jangan anggap remeh gudang. Kalau ada gudang, rumah kelihatan lebih bersih dan barang-barang nggak nyebar taruh di mana saja.

Buktinya, kamar yang berubah jadi gudang sementara itu memberikan perubahan hebat. Rumah kami nggak superberantakan kayak dulu. Berantakannya semua terpusat di kamar itu.

Tapi, ruangan gudang sementara yang jadi berantakan karena masih diletakkan di pojokan karena belum ada rak-rak. Sedang berpikir mana dulu yang paling dibutuhkan, mengingat masih ada cicilan renovasi, hihi

Coba dulu sebelum ada kamar gudang sementara, hampir setiap pojokan atau kolong disumpeli kardua berisi barang-barang. Di situlah sarang yang nyaman buat tikus ngumpet. Maklum, dulu barang-barang itu diletakkan di bawah tempat kompor yang lokasinya di luar, masih menyatu dengan alam aka dapur di luar.

Sekarang selain menabung untuk melunasi utang, kami harus memikirkan tabungan untuk bangun gudang. Tapi, mau dibangun di mana ya, ruang di bawah sudah habis 🙁

Bagi yang belum renovasi, bener deh direncanakan agar ada ruang khusus gudang. Vital bener (lebay), ada anak atau nggak kayaknya perlu. 

Cuma kalau orangnya rapi dan barangnya efisien simple perlu nggak tuh? Maklum saya mah orangnya suka kalap mata semasa kerja. Jadi barangnya kebanyakan yang beli kalap. Sekarang mah ngirit aja, hahaha..

Posted from WordPress for Android

  3 comments for “Gudang di Rumah Itu Wajib Hukumnya

  1. September 23, 2015 at 4:21 pm

    Kayaknya susah deh Mbak buat jadi orang yang efisien soal barang :haha, bahkan saya pun barang-barang di kamar kosan itu sudah banyak banget nget :hehe, alamat bingung nih kalau mau pindahan :hehe. Iya memang gudang itu perlu, tapi sekali waktu isi gudang juga perlu ditinjau, kalau sudah benar-benar tidak diperlukan lagi, mending diberikan pada orang yang membutuhkan :hehe.

    • mellyfeb0805
      September 23, 2015 at 4:48 pm

      Iya ya, mending dihibahkan. Berpahala pula. Klo pindahan hrs nyewa brp truk tuh Gar, hehe

  2. September 25, 2015 at 7:54 am

    setujuuu….gudang itu wajib hukumnya. apalagi buat saya dan suami yang sama-sama suka nyusuh alias apa ya bahasa indonesianya? pokoknya suka nyimpenin barang deh. satu kamar saya yang belum dipake, akhirnya difungsikan jadi gudang darurat.

Tinggalkan Balasan ke mellyfeb0805 Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: