Bahan Dapur juga Bisa buat Kondisioner Rambut

Meski sudah ibu-ibu tetap harus memperhatikan kecantikan, termasuk kecantikan rambut. Apalagi ibu berjilbab, rambut yang selalu tertutup bukan berarti kesehatan rambut tak diperhatikan. Salah satu caranya bisa pakai kondisioner dari bahan dapur.

Sekarang ini kan lagi tren kembali ke alam. Bagaimana nggak kembali ke alam, semua produk ada bahan kimianya. Nah, buat ibu-ibu atau pria sekalipun bisa mencoba menggunakan bahan alami untuk kondisioner rambut.

Sampo atau kondisioner berbahan kimia memang ada yang ditujukan untuk rambut rontok dan kering, tapi jangan salah bahan-bahan kimia di dalamnya juga berkontribusi dengan rontoknya rambut yang lama-lama bikin rambut tipis.

Kalau rambut rontoknya 50 sampai 100 helai itu masih normal. Tapi, kalau sudah melebihi angka tersebut, lama-lama rambut Anda jadi tipis atau mengalami kebotakan. Kondisi ini dikenal sebagai alopecia.

Kebanyakan orang biasanya mengalami rambut rontok di usia 30-an karena perubahan hormonal, pola makan yang tidak sehat dan stres. Untuk memperbaikinya, nggak ada salahnya menggunakan bahan alami. Berhubung rambut saya kering, saya harus membuat kondisioner dari bahan alami untuk rambut kering.

Ini dia cara buat kondisioner dari bahan alami dari Boldsky:

1. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih kaya akan sulfur dan hebatnya sulfur bisa meningkatkan produksi kolagen, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan rambut. Alasan inilah mengapa bawang telah digunakan selama beberapa dekade sebagai kondisioner rambut tradisional.

Buatlah jus bawang dan oleskan pada kulit kepala Anda. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan sampo lembut. Campur bawang putih cincang halus dengan minyak kelapa dan didihkan selama beberapa menit. Setelah dingin pakaikan di kulit kepala Anda.

2. Santan

Kondisioner buatan sendiri ini efektif untuk rambut kering. Kelapa mengandung berbagai bahan alami dan bisa meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kelapa mengandung protein, mineral, dan lemak esensial yang membantu mengurangi kerusakan rambut. Minyak kelapa juga mengandung bahan-bahan yang memperkuat folikel rambut dan akar.

Terbiasa menggunakan bahan ini bisa memperkuat rambut dan mengurangi kerontokan rambut. Keluarkan santan dari kelapa dan campur dengan sedikit air. Oleskan pada rambut dan bilas setelah membiarkannya beberapa waktu.

3. Henna dan Mustard Oil

Carilah henna dari bahan alami. Kalau di sini, henna identik dengan pacar. Jangan sampai Anda menggunakan pacar komersial yang mengandung bahan kimia karena bisa merusak rambut.

Oleskan henna pada rambut Anda selama 2 jam. Cara ini bisa memperkuat rambut dan menjaga warna. Henna ajan bekerja lebih baik jika dikombinasikan dengan minyak mustard atau minyak zaitun.

4. Kembang Sepatu (Hibiscus)

Hancurkan sedikit bunga kembang sepatu dan campur dengan minyak kelapa agar membentuk pasta. Oleskan ke rambut dan biarkan selama beberapa jam, kemudian bilas dengan sampo lembut.

Hibiscus dan kelapa memperkuat rambut dan mengandung sifat yang meremajakan serta menyuburkan rambut, mencegah ketombe, dan mencegah pembentukan uban prematur. Penggunaan teratur juga akan mencegah rambut rontok.

5. Telur

Campur putih telur dengan minyak zaitun dan oleskan ke kulit kepala. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin.

Telur bisa membuat rambut Anda lembut dan sehat. Mereka juga merupakan sumber belerang dan mineral lain seperti besi, fosfor, seng, selenium dan yodium. Mineral ini meningkatkan pertumbuhan rambut dan akan lebih baik ketika dicampur dengan minyak zaitun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: