Senam Biar Langsing atau Sehat?

Sudah olahragakah hari ini? Saya sih cuma ngajak putri cantik jalan sama gendong. Olahraga itu sebenarnya biar badan langsing atau sehat?

image

Sejak awal bulan ini saya lagi semangat-semangatnya ikut senam di RT. Awalnya sih biar langsing tapi lama kelamaan nggak peduli, yang penting badan sehat 🙂 Udah langsing ini, hahaha.. *ih pede banget sih*

Dulu, agak susah olahraga di kompleks perumahan ini. Jadilah saya cuma makan tidur sama beres-beres rumah. Tapi, kok badan jadi nggak enak ya. Jadi mudah capek.

Padahal, pas kerja saya sempat ikut fitness. Badan enak bener, jadi nggak gampang capek dan nggak mudah stres dengan pekerjaan kantor

Kalau di rumah, mau lari baru sebentar udah ngos-ngosan. Mau berenang, nggak bisa berenang. Eh untung saja ada ibu-ibu yang memprakarsai senam. Saya langsung ikut donk, hehe..

Pertama kali ikut, malamnya badan langsung pegal-pegal. Padahal gerakan saya masih loyo. Apalagi kalau semangat. Kenapa sih, kalau udah lama nggak olahraga badan jadi pegal-pegal setelah olahraga?

Menurut kompas.com, pegal linu itu disebut DOMS atau delayed-onset muscle soreness. “Ketidaknyamanan ini seharusnya tak bikin kapok. Ini pertanda otot sedang dilatih agar lebih kuat.”

Pegal itu bisa berlangsung selama satu hingga dua hari setelah olahraga. Meski habis olahraga bisa pegal, kita harus mengenali perbedaan nyeri seperti DOMS dan jenis nyeri yang menjadi sinyal cedera terkait olahraga. 

“Kita perlu waspada ketika mengalami nyeri tajam atau sensasi terbakar pada sekelompok otot saat olahraga, sebaiknya segera hentikan kegiatan olaraga dan istirahat. Lantas segera cari bantuan dokter ahli untuk mengatasinya.”

Setelah ikut beberapa kali senam, lumayan nggak sepegal pertama ikut. Badan jadi terasa bugar.

Kenapa ya, mau olahraga itu bawaannya malas benar. Kalau nggak dipaksa, badan kayak ogah banget olahraga. Itu namanya lagi digoda setan biar tidur aja, hehe..

Gerakin tubuhmu, jangan diikuti rasa malas. Orang yang sudah olahraga saja badannya masih rawan terkena penyakit. Bagaimana yang tidak olahraga.

Tapi kan, saya sudah naik turun tangga, nyuci, masak, bukannya sama dengan olahraga? Kalau kata artikel di TimesofIndia, membersihkan rumah sama manfaatnya dengan olahraga. Begitu juga dengan bermain dengan anak. Beberes rumah dan setiap hari main sama anak berarti aman donk, hihi.. Mungkin beda dalam pembakaran kalori sama pembentukan ototnya kaliii yeee..

Olahraga bikin tubuh bergerak dan lemak menjauh. Selain badan jadi langsing, tubuh pun sehat 🙂 Jadi banyak manfaat yang diperoleh. Ngantuk menjauhlah, saya mau sehat 😀

Posted from WordPress for Android

  2 comments for “Senam Biar Langsing atau Sehat?

  1. Oktober 26, 2015 at 12:06 am

    Bercinta, yang pernah kubaca dari artikelnya Melly Febrida di Health Liputan6.com juga bisa bikin langsing. Apalagi kalau di tempat-tempat yang tidak biasa seperti kamar mandi dan di atas meja kerja.

    #digorokMbakMelly

    • mellyfeb0805
      Oktober 26, 2015 at 5:58 am

      Itu mah tulisan abang klo tempat gitu2an, hahaha.. ya ampun meja kerja dmn itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: