HP Kecemplung Toilet, Coba Pakai Silika Gel

Lama sekali rasanya nggak posting di blog ini. Draft menumpuk sampai basi momennya masih belum diapa-apain. Sekarang saya mau bahas bagaimana mengatasi HP (handphone) kecemplung di toilet.

Kebiasaan ngantongin HP di kantong belakang suka berujung tragis. Atau suka bawa HP ke toilet. Sedihnya itulah.

Barusan baca-baca dan menemukan artikel ini. Tahu silika gel yang biasanya ada di tas, dompet, atau sepatu baru? Kalau punya, jangan dibuang. Banyak manfaat yang nggak diduga-diduga.

Foto: Wikipedia[/caption]

Memang sih, di kemasannya pasti ada tulisan ‘tidak boleh dimakan’, atau ‘jauhi dari jangkauan bayi’. Tapi, benda seperti bulat-bulat kecil ini punya banyak kegunaan yang tak diduga-duga. Kayaknya pernah baca di blog juga tapi nggak apa-apalah saya tulis lagi buat pegangan, hehe

Tulisan di situs TheSun menjelaskan, silika gel ini dipenuhi pori-pori kecil yang terbuat dari silikon dioksida dan sebuah pengering, yang berarti bisa menyerap kelembaban dari udara.

“Kemasan 10 gram silika gel bisa menyerap hingga empat gram air, 20 sampai 40 persen dari beratnya sendiri.”

Ini kegunaan si silika:

1. Selamatkan ponsel terendam

Saya belum pernah nyoba sih, tapi menurut artikel itu ponsel yang kecemplung di kolam renang atau toilet bisa ketolong sama silika gel.
Kebayang donk, HP kecemplung air biasanya berujung mateeee…peeet.

Kalau kejadiannya kayak gitu, silika gel bisa dipakai. Simpan si ponsel yang kebasahan di dalam mangkuk berisi silika gel. Harus ngumpulin berapa kemasan silika geL tuh, hehe…

Kabarnya sih cara ini 10 kali lebih efektif daripada meletakkannya di semangkuk beras.


2. Foto dan buku awet

Coba deh masukkan beberapa kemasan silika gel di dalam kotak berisi foto lama atau buku tua. Katanya sih fotonya jadi awet dan buku tuanya nggak berbau.

3. Segarkan tas makeup

Lindungi perlengkapam make up dengan menempatkan kantong silika dalam tas make-up. Cara ini bisa mencegah makeup jadi lengket, menjaganya tetap kering.

Kita juga dapat menggunakan kantung silika untuk menyerap kelembaban yang berlebihan di dalam tas make-up.


4. Tas gym tidak bau

Habis olahraga langsung masukin baju yang sudah basah keringat begitu saja. Brek…brek… Jadilah si tas ikut basah. Kalau kita masukin kantung silika gel di tas gym, bisa mencegah pertumbuhan bakteri yang senangnya hidup di tempat lembab.
Jadilah si silika membuat tas gym bebas bau dan kuman 🙂

5. Pajangan perak mengkilap

Noda hitam yang muncul pada perak akibat bereaksi dengan bahan kimia di udara serta kelembaban bikin jadi nggak sedap dipandang. Biar sedap lagi, bungkus dengan memasukkan paket silika gel untuk menyerap kelembaban di udara.

6. Packing pakaian basah

Yang habis jalan-jalan kemarin pastinya bawa oleh-oleh baju kotor ke rumah. Biasanya nih saking buru-burunya pakaian yang lembab dan basah habis renang langsung saja dimasukin. 

Pas sampai rumah, koper pun ikut lembab. Coba deh lemparkan beberapa kantong silika gel ke dalam koper untuk menyerap kelembaban

Okelah kalau begitu. Padahal kalau ada silika gel suka dibuang-buang, huhu…. Ke depan bakal saya simpan dah di tempat aman biar jauh dari jangkauan anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: