(Tanya) Nifas Kelamaan dan Salat

Kata orang nifas itu nggak seperti teori yang sampai 40 hari. Biasanya lebih cepat. Tapi, kali ini saya dibuat bingung. Sudah hampir 90 hari masih keluar flek-flek. Saya yang muslim jadi bingung, bagaimana ini?

Kalau baca-baca artikel di mbah Google,bingungin. Ada bahasa yang lebih bisa dicerna nggak ya. Kalau saya nggak salah tangkep, lebih dari 40 hari dianggap bukan darah nifas, melainkan haid. Nah kalau masih juga maka harus salat. Bener nggak sih maksudnya begitu! Terus salatnya itu bagaimana, apa harus mandi besar terus kalau masih keluar flek?

Saat kelahiran anak pertama, nifas saya memang hanya sebentar. Kalau nggak salah dua minggu. Tapi anak kedua dan ketiga lebih dari 40 hari. 

Saya akan menceritakan nifas anak ketiga ini. Sama seperti kedua, sudah hampir 3 bulan nh. Kata dokter kandungan sih batas maksimal nifas 60 hari. Tapi saya sudah 80 hari, itu normal nggak? Sayang dokternya nggak menjawab lagi. Mungkin sibuk beratz. 

Saya akhirnya nanya kebidan dan menurut dia itu masalah hormon. Apa ini pengaruh dari plasenta previa ya?

Bener bingung bagaimana menjalankan ibadah salat ketika nifas sudah melebihi waktunya? Awalnya saya pikir batasnya 40 hari, jadi setelah itu saya salat saja. Ternyata guru ngaji anak saya menjelaskan, batasnya 70 hari setelah itu baru dianggap bukan nifas.

Terus donk, cara saya selama ini salah. Saya pikir kalau melebihi batas maksimal bisa salat begitu saja. Jadi kata guru ngaji, kalau ada noda keluar lagi, kita harus mandi besar. Jadi kita salat dalam keadaan suci. Misalnya, sudah mandi dan bersih pagi-pagi, eh Ashar ada noda lagi. Jadi mandi besar lagi. 

Kebayang kan gimana itu bolak balik keramas, hehe… masuk angin nggak tuh. Mana masih menyusui. Tapi, dijalani saja dari pada saya salah.

Ada yang tahu bagaimana sebenarnya aturan salat jika nifas kayak saya yang hampir 90 hari masih saja keluar dikit-dikit? Mohon pencerahannya donk. Bener harus mandi besar terus agar suci? Ini serius nanya ya. Maklum, ilmu saya masih cetek bener 😀

Sekarang saya jadi sering masuk angin. Menyusui saya tiduran, jadi rambut basah-basah tiduran. Pening nggak tuh kepala, hehe..

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  1 comment for “(Tanya) Nifas Kelamaan dan Salat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: